Cari Blog Ini

Senin, 29 November 2010

Lisa Auparay Menikmati Kehidupan Kedua



lisasembuhCIPUTAT- Senin, (29/11/2010) adalah hari yang paling membahagiakan bagi Lisa Auparay, 20 tahun. Sebulan lebih ia terbaring di RSCM Jakarta Pusat untuk menjalani beberapa kali operasi guna penyembuhan luka dan patah tulang karena ganasnya arus bah banjir bandang di Wasior, Papua Barat, (4/10/2010).
Lisa sebelumnya sempat dimasukkan ke kantong mayat karena diduga sudah mati oleh Tim Evakuasi di Wasior seusai banjir itu melanda. Baca :Selamat Setelah Masuk Kantong Mayat
"Saya mengalami operasi syaraf kepala, tulang bahu dan kaki," ungkap Lisa menceritakan pengalamannya selama di RSCM. "Kini saya sudah sembuh dan sudah bisa berjalan selangkah demi selangkah."

Karena Lisa sudah diperbolehkan pulang, Tim LKC pun datang ke RSCM untuk mengambil Lisa dan selanjutnya membawa Lisa ke LKC. Lisa belum dipulangkan ke Papua, karena beberapa lukanya belum sembuh total, seperti luka di kepala bagian belakang dan kaki, yang keduanya mengalami bedah plastik. Untuk ini, tim dokter masih mengharuskan Lisa kontrol 5 hari sekali ke RSCM.
lisasembuh2"Karena itu LKC Dompet Dhuafa dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa berkerjasama untuk membantu Lisa, guna melanjutkan perawatannya. Setiap hari luka Lisa kita bersihkan di klinik LKC sedangkan penginapan Lisa dan keluarganya yang mendamping dibantu oleh LPM DD," ungkap Robi Suryadi, perawat LKC yang menjadi bagian Tim Disaster Management Center (DMC) DD divisi medis ke Wasior dan Robi bersama DMC pula yang berusaha membawa Lisa dari Wasior untuk mendapat perawatan khusus di Jakarta.

Kepada tim LKC Lisa mengungkapkan rasa senangnya dan kepada Dompet Dhuafa ia menghaturkan terimakasih atas bantuannya.
"Terimakasih bantuan semuanya, ini adalah kehidupan kedua untuk saya" tutur Lisa. Hal yang sama juga disampaikan kakaknya Helen Auparay yang setia menemaninya selama ini, dalam masa perawatan Lisa di Jakarta.

Setelah keluar dari RSCM yang paling diinginkan Lisa adalah melihat iconya ibukota, Monumen Nasional (Tugu Monas). Tim LKC pun memenuhi kehendaknya, sesaat diberikan waktu kepada Lisa untuk mengamati Monas dan mengambil gambar di sana. Selanjutnya Lisa dibawa melewati Bundaran HI dan menuju LKC di Ciputat.

Sesaat Lisa mampir di klinik LKC, kemudian Lisa dibawa ke rumah tantenya di Villa Dago, Pamulang. Perjalanan Lisa hari pertama  keluar dari perawatan RSCM, ditutup dengan makan malam bersama tim LKC di Tutug Oncom, Pamulang. Kemudian Lisa istirahat di rumah kontrakan untuk selama perawatan selama pemulihan.

Kalau Lisa sudah sembuh total nanti, yang pasti ia tidak akan kembali ke Wasior karena ia trauma dengan bencana itu. Ia memilih kembali ke Jaya Pura di mana orang tuanya berada saat ini.

Inilah Perjalanan Hidup Manusia Sampai Akhir Hayat

Manusia terlahir di dunia berasal dari pertemuan satu sel sperma dengan sel telur sang induk. Di dalam rahim si ibu, sel ini terus berkembang menjadi janin.


Setelah cukup umur, si jabang bayipun terlahir ke dunia dalam keadaan tak berdaya.


Dari tahun ke tahun, tumbuhlah menjadi balita yang mulai belajar dengan lingkungan sekitar.


Setelah balita, tumbuh lagi menjadi anak-anak dimana massa-massa indah dalam bermain ada di sini.


Selang beberapa tahun tumbuhlah menjadi sosok remaja yang mulai tertarik dengan lawan jenis.

Bila massa remaja tlah berlalu, tumbuhlah menjadi sosok yang lebih matang dimana pikirannya lebih stabil. Ya, tibalah saat dewasa.

Yang terakhir dalam pertumbuhan manusia adalah manula. Bila Allah menghendaki, maka Anda semua akan mengalami yang disebut manula dimana tidak se-aktif massa-massa sebelumnya.


Bila kehidupan berakhir, tibalah saatnya jenazah dimakamkan.


Sampailah ke alam barzah untuk menunggu datangnya hari akhir (hari kiamat).

15 Binatang Marsupilia Asli Indonesia

Marsupial adalah mamalia dimana mamalia betina memiliki marsupium (kantong perut) seperti Kanguru dan Koala Australia. Mereka berbeda dari mamalia Eutheria pada sifat reproduksi. Berikut ini adalah beberapa jenis hewan marsupilia yang asli berasal dari Indonesia.

1. Kuskus Beruang / Kuse (Ailurops ursinus)

Kuskus Beruang atau Kuse (Ailurops ursinus) adalah salah satu dari dua jenis kuskus endemik di Sulawesi. Panjang badan dan kepala kuse adalah 56 cm, panjang ekornya 54 cm dan beratnya dapat mencapai 8 kg.
Kuse memiliki ekor yang prehensil, yaitu ekor yang dapat memegang dan biasa digunakan untuk membantu berpegangan pada waktu memanjat pohon yang tinggi.
[800px-Ailurops_ursinus_Naemundung_2_North_Sulawesi.JPG.JPG]
[kuskus.jpg]

2. Kuskus Berbintik-Bintik (Spilocuscus Maculatus)

Hewan kuskus berbintik-bintik, atau Spilocuscus maculatus, lazim terdapat di daerah dataran rendah Papua. Warna bulu kulitnya bervariasi dari putih bersih hingga coklat muda.
Daging kuskus dihargai tinggi oleh penduduk Kamoro sedangkan kulitnya dipakai mereka sebagai hiasan kepala khusus oleh pemimpin-pemimpin penting. Hewan kuskus dapat dijinakkan bila dipelihara dan dibesarkan di desa.

3. Phalanger Gymnotis



Kuskus yang ada di Kepulauan Aru Irian Jaya

4. Echympyra


Dalam keluarga yang sama adalah Peroryctidae, tergolong jenis bandicoots yang lebih umum dikenal.

5. Mallomy (Tikus Raksasa)

Hewan ini adalah salah satu dari dua spesies binatang langka yang berhasil diungkap oleh para ilmuwan di kawasan Pegunungan Foja Papua dalam ekspedisi kedua kalinya.

6. Pygmy Possum

Ini adalah salah satu hewan berkantung terkecil di dunia yang juga di temukan di kawasan Pegunungan Foja Papua.

7. Thylogale Brunii (Dusky Pademelon)

Merupakan jenis kangguru terkecil yang ada di dunia. Beratnya antara 3-6 kilogram, tetapi ada juga yang 10 kilogram. Panjang tubuhnya sekitar 90 sentimeter dengan lebar sekitar 50 sentimeter.
Satwa langka yang dilindungi ini adalah hewan endemik Papua, dan hanya terdapat di Papua di kawasan dataran rendah di hutan-hutan di wilayah Selatan Papua, dan Papua Niugini.

Di Indonesia Thylogale brunii terdapat antara lain di Taman Nasional Wasur (Kabupaten Merauke) dan Taman Nasional Gunung Lorentz (Mimika).
Thylogale stigmata (red-legged pademelon) Merupakan jenis yang hidup di daerah pantai selatan Papua. Thylogale stigmata mempunyai warna kulit tubuh lebih cerah yaitu kuning kecokelatan.

8. Thylogale brownii (Brown’s pademelon)



Selain di Papua, binatang ini juga terdapat di Papua New Guinea. Memiliki ekor tebal dan pendek, berbulu lebat. Bagian atas coklat abu-abu dan warna kemerahan di bagian perutnya. Cincin di sekitar mata dan area di belakang telinga kemerahan. Panjang dari kepala hingga badan 550-630 mm, panjang ekor 320-415 mm dan berat 9 kg untuk pejantan dan 5,8 kg untuk betinanya.

9. Dendrolagus Pulcherrimus (Kanguru Pohon Mantel Emas)

Merupakan sejenis kanguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda.
Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang.
Kanguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kanguru-pohon yang paling terancam kepunahan diantara semua kanguru pohon. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya.

10. Dendrolagus Goodfellowi

Disebut Kanguru Pohon Goodfellow atau kanguru pohon hias atau Goodfellow’s Tree-kangaroo. Merupakan jenis kanguru pohon yang paling sering ditemui. Penampilan Kanguru-pohon Hias serupa dengan Kanguru pohon Mantel-emas.


Perbedaannya adalah Kanguru-pohon Mantel-emas memiliki warna muka lebih terang atau merah-muda, pundak keemasan, telinga putih dan berukuran lebih kecil dari Kanguru-pohon Hias. Beberapa ahli menempatkan Kanguru-pohon Mantel-emas sebagai subspesies dari Kanguru-pohon Hias. Kulit tubuhnya berwarna cokelat sawo matang dan banyak terdapat di hutan hujan di pulau Papua.

11. Dendrolagus Mbaiso

Disebut sebagai Kanguru Pohon Mbaiso atau Dingiso. Kanguru ini ditemukan di hutan montane yang tinggi dan subalpine semak belukar di Puncak Sudirman. Kanguru pohon ini mempunyai bulu hitam dengan kombinasi putih di bagian dadanya.


12. Dengrolagus Dorianus
Disebut juga sebagai Kangguru Pohon Ndomea atau Doria’s Tree-kangaroo.


13. Dendrolagus Ursinus

Disebut juga Vogelkop Tree-kangaroo atau Kanguru Pohon Nemena. Merupakan kanguru pohon yang paling awal terklasifikasikan. Mempunyai telinga panjang dan ekor panjang dan hitam.

14. Dendrolagus Inustus

Disebut juga sebagai Kanguru Pohon Wakera atau Grizzled Tree-kangaroo.


15. Dendrolagus Stellarum
Disebut juga sebagai Seri’s Tree-kangaroo. Kanguru pohon ini terdapat di Tembagapura

5 Hasil Rampasan Dari Peperangan Paling Bersejarah di Dunia


Hagia sohia Dari Tampak Luar

Hagia sohia Dari Tampak Dalam
Sebelum menjadi masjid, Hagia Sofia adalah gereja umat Kristen Timur yang dibangun oleh Constantius, putra Kaisar Constantine Agung. Gereja ini sering jatuh bangun dihantam gempa. Meski bangunannya dibuat berbentuk kubah biar tahan gempa, tapi tetep aja KO. Pada tanggal 7 Mei 558 M, di masa Kaisar Justinianus, kubah sebelah timur runtuh terkena gempa. Pada tanggal 26 Oktober 986, pada masa pemerintahan Kaisar Basil II (± 958-1025), kena gempa lagi.

Ketika Konstantinopel jatuh ke tangan tentara Islam di bawah pimpinan Sultan Muhammad II bin Murad II Turki Usmani (yang terkenal dengan julukan ‘al-Fatih’ alias sang penakluk) pada tanggal 27 Mei 1453. Ketika memasuki kota itu, al-Fatih turun dari kudanya dan melakukan sujud syukur kepada Allah swt. Lalu beliau pergi ke Gereja Hagia Sofia dan memerintahkan untuk mengubahnya menjadi Masjid yang terkenal dengan nama Masjid Aya Sofia. Nama Konstantinopel pun beliau ganti menjadi Islam Pol (Kota Islam) yang ucapannya bergeser menjadi Istambul.
Setelah kekhilafahan Turki Usmani kalah pada Perang Dunia I, pasukan sekutu menguasai Istanbul pada tahun 1922 M. Bangunan kuno Aya Sofia yang hampir lima abad dijadikan masjid, diubah menjadi museum oleh penguasa baru Turki, Mustafa Kemal Ataturk (Bapak moyangnya Republik Sekuler Turki). Dan memindahkan ibu kota Turki dari Istambul ke Ankara.

sejak saat itu, masjid aya Sofia dijadikan salah satu objek wisata terkenal oleh pemerintah Turki di kota Istambul. Nilai sejarahnya tertutupi oleh gaya arsitektur Byzantium yang indah mempesona. Inilah salah satu upaya musuh-musuh Islam untuk menghilangkan jejak kejayaan Islam. Padahal, dulu Sultan Muhammad al-Fatih hanya didukung oleh 265 orang untuk menaklukan kota Byzantium alias Konstantinopel bin Istambul yang menjadi pusat kekaisaran Romawi Timur.

Versi ilustrasi

Versi Film
Helena atau Helen (Bahasa Yunani: Ἑλένη, Helénē), atau lebih dikenal dengan nama Helena dari Troya, dalam mitologi Yunani adalah anak perempuan Zeus dan Leda, istri Menelaos dari Sparta, dan saudara dari Kastor, Polideukes dan Klitemnestra. Pelarian (beberapa menyebutnya sebagai penculikan) Helena oleh Paris merupakan penyebab Perang Troya.

Helena troy termasuk orang yang menjadi legenda karena kecantikanya.

Pada Perang Troya, para prajurit Yunani bersembunyi di dalam Kuda Troya yang berukuran raksasa yang ditujukan sebagai pengabdian kepada Poseidon. Kuda Troya tersebut menurut para petinggi Troya dianggap tidak berbahaya, dan diizinkan masuk ke dalam benteng Troya yang tidak dapat ditembus oleh para prajurit Yunani selama kurang lebih 10 tahun perang Troya bergejolak. Pada malam harinya, pasukan Yunani keluar dari perut kuda kayu tersebut dan akhirnya merebut kota Troya.

Ilustrasi Kuno

Dibangun Kembali
Pada zaman dahulu, kota Alexandria (Iskandariyah) terkenal dengan bangunannya yang termasyhur namun sekarang sudah lenyapseperti Faros, mercusuar kuno yang konon tingginya mencapai 110 meter dan diangap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan makam Alexander yang Agung. Dinasti Yunani, Ptolemeus mewarisi Mesir dari Alexander dan menguasai negeri itu sampai Caesar Octavianus Augustus mengalahkan Antonius dan Cleopatra pada tahun 30 SM. Dibawah Ptolemeus, Aleksandria berubah secara drastis. Sesungguhnya, kota itu "Selama suatu masa menjadi pusat perdagangan dan budaya dunia", menurut Atlas of the Greek World. Pada puncak kejayaannya. Aleksandria berpenduduk sekitar 600.000 jiwa.

Daya tarik kota itu adalah perpustakaan kerajaannya. Didirikan pada awal abad ketiga Sebelum Masehi (SM) dan disponsori sepenuhnya oleh keluarga Ptolemeus, perpustakaan itu beserta kuil dewi-dewi Muse menjadi pusat ilmu pengetahuann dalam dunia Helenik.

Konon, perpustakaan ini memiliki 700.000 gulungan papirus. Sebagai perbandingan, pada abad ke-14, Perpustakaan Sorbonne yang katanya memiliki koleksi terbesar dizamannya hanya memiliki 1700 buku. Para penguasa Mesir begitu bersemangat untuk memperbanyak koleksi mereka sampai-sampai mereka memerintahkan prajurit untuk menggeledah setiap kapal yang masuk guna memperoleh naskah. Jika ada naskah yang ditemukan, mereka menyimpan yang asli dan mengembalikan salinannya. Menurut beberapa sumber, ketika Athena meminjamkan naskah-naskah drama klasik Yunani asli yang tak ternilai kepada Ptolemeus III, ia berjanji membayar uang jaminan dan menyalinnya. Tetapi sang raja malah menyimpan yang asli, tidak mengambil kembali uang jaminan itu, dan memulangkan salinannya.

Deretan panjang nama-nama pemikir besar yang bekerja di perpustakaan dan museum Aleksandria mencakup para cendikiawan kelas dunia. Para cendekiawan di Aleksandria menghasilkan karya-karya besar dalam bidang geometri, trigonometri, dan astronomi, serta bahasa, kesusastraan dan kedokteran. Menurut kisah turun-temurun, di tempat inilah ke-72 cendekiawan Yahudi menerjemahkan Kitab-kitab bahasa Ibrani ke dalam bahasa Yunani, dengan demikian menghasilkan Septuaginta yang termasyhur itu.

Perpustakaan itu lenyap
Ironisnya, para panitera merasa tidak perlu menguraikan bangunan-bangunan umum Aleksandria secara terperinci. Sebab pernyataan Athenaus, sejarahwan abad ketiga, adalah contoh yang khas, yakni "Menyangkut jumlah buku, pendirian perpustakaan-perpustakaan, dan koleksi di Balai Dewi-Dewi Muse, buat apa saya ceritakan, karena semua itu ada dalam ingatan orang-orang?"

Peta amerika
Penduduk Asli Amerika
Suku Indian adalah pemukim pertama Amerika Utara datang dari Asia lebih dari 20.000 tahun lalu. Karena mengikuti hewan buruan, mereka mengembara melewati Selat Bering (dulu tanah genting, kini pemisah Asia dan Amerika Utara). Lambat laun mereka menetap dan berkembang menjadi berbagai suku. Berabad-abad mereka membangun masyarakat teratur. Pada abad ke-16, orang Eropa tiba di Amerika Utara untuk pertama kali. Karena mengira tiba di India (Asia), mereka secara keliru menyebut penduduk asli itu orang "Indian". Orang Eropa menginginkan tanah. Karena itu keberadaan penduduk asli terancam. Kaum Indian lalu bertempur melawan para pemukim baru. Pada abad ke-19, suku Indian melawan pemerintah Amerika Serikat yang berusaha menggusur mereka. Lewat perjuangan sengit, kaum Indian dipindahkan ke reservat, daerah khusus buat mereka. Hingga kini banyak orang Indian masih hidup di sana.

Peta Penguasaan Tanah Palestin oleh israel
konflik yang berlanjut antara bangsa Israel dan bangsa Palestina.
Konflik Israel-Palestina ini bukanlah sebuah konflik dua sisi yang sederhana, seolah-olah seluruh bangsa Israel (atau bahkan seluruh orang Yahudi yang berkebangsaan Israel) memiliki satu pandangan yang sama, sementara seluruh bangsa Palestina memiliki pandangan yang sebaliknya. Di kedua komunitas terdapat orang-orang dan kelompok-kelompok yang menganjurkan penyingkiran teritorial total dari komunitas yang lainnya, sebagian menganjurkan solusi dua negara, dan sebagian lagi menganjurkan solusi dua bangsa dengan satu negara sekular yang mencakup wilayah Israel masa kini, Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Mengingat pembatasan-pembatasan di atas, setiap gambaran ringkas mengenai sifat konflik ini pasti akan sangat sepihak. Itu berarti, mereka yang menganjurkan perlawanan Palestina dengan kekerasan biasanya membenarkannya sebagai perlawanan yang sah terhadap pendudukan militer oleh bangsa Israel yang tidak sah atas Palestina, yang didukung oleh bantuan militer dan diplomatik oleh A.S. Banyak yang cenderung memandang perlawanan bersenjata Palestina di lingkungan Tepi Barat dan Jalur Gaza sebagai hak yang diberikan oleh persetujuan Jenewa dan Piagam PBB. Sebagian memperluas pandangan ini untuk membenarkan serangan-serangan, yang seringkali dilakukan terhadap warga sipil, di wilayah Israel itu sendiri.

Sejak Persetujuan Oslo, Pemerintah Israel dan Otoritas Nasional Palestina secara resmi telah bertekad untuk akhirnya tiba pada solusi dua negara. Masalah-masalah utama yang tidak terpecahkan di antara kedua pemerintah ini adalah:

* Status dan masa depan Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur yang mencakup wilayah-wilayah dari Negara Palestina yang diusulkan.
* Keamanan Israel.
* Keamanan Palestina.
* Hakikat masa depan negara Palestina.
* Nasib para pengungsi Palestina.
* Kebijakan-kebijakan pemukiman pemerintah Israel, dan nasib para penduduk pemukiman itu.
* Kedaulatan terhadap tempat-tempat suci di Yerusalem, termasuk Bukit Bait Suci dan kompleks Tembok (Ratapan) Barat.

Masalah pengungsi muncul sebagai akibat dari perang Arab-Israel 1948. Masalah Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur muncul sebagai akibat dari Perang Enam Hari pada 1967.
Selama ini telah terjadi konflik yang penuh kekerasan, dengan berbagai tingkat intensitasnya dan konflik gagasan, tujuan, dan prinsip-prinsip yang berada di balik semuanya. Pada kedua belah pihak, pada berbagai kesempatan, telah muncul kelompok-kelompok yang berbeda pendapat dalam berbagai tingkatannya tentang penganjuran atau penggunaan taktik-taktik kekerasan, anti kekerasan yang aktif, dll. Ada pula orang-orang yang bersimpati dengan tujuan-tujuan dari pihak yang satu atau yang lainnya, walaupun itu tidak berarti mereka merangkul taktik-taktik yang telah digunakan demi tujuan-tujuan itu. Lebih jauh, ada pula orang-orang yang merangkul sekurang-kurangnya sebagian dari tujuan-tujuan dari kedua belah pihak. Dan menyebutkan “kedua belah” pihak itu sendiri adalah suatu penyederhanaan: Al-Fatah dan Hamas saling berbeda pendapat tentang tujuan-tujuan bagi bangsa Palestina. Hal yang sama dapat digunakan tentang berbagai partai politik Israel, meskipun misalnya pembicaraannya dibatasi pada partai-partai Yahudi Israel.

Demikian pula, mereka yang bersimpati dengan aksi militer Israel dan langkah-langkah Israel lainnya dalam menghadapi bangsa Palestina cenderung memandang tindakan-tindakan ini sebagai pembelaan diri yang sah oleh bangsa Israsel dalam melawan kampanye terorisme yang dilakukan oleh kelompok-kelompok Palestina seperti Hamas, Jihad Islami, Al Fatah dan lain-lainnya, dan didukung oleh negara-negara lain di wilayah itu dan oleh kebanyakan bangsa Palestina, sekurang-kurangnya oleh warga Palestina yang bukan merupakan warga negara Israel. Banyak yang cenderung percaya bahwa Israel perlu menguasai sebagian atau seluruh wilayah ini demi keamanannya sendiri. Pandangan-pandangan yang sangat berbeda mengenai keabsahan dari tindakan-tindakan dari masing-masing pihak di dalam konflik ini telah menjadi penghalang utama bagi pemecahannya.

Sebuah usul perdamaian saat ini adalah Peta menuju perdamaian yang diajukan oleh Empat Serangkai Uni Eropa, Rusia, PBB dan Amerika Serikat pada 17 September 2002. Israel juga telah menerima peta itu namun dengan 14 “reservasi”. Pada saat ini Israel sedang menerapkan sebuah rencana pemisahan diri yang kontroversial yang diajukan oleh Perdana Menteri Ariel Sharon. Menurut rencana yang diajukan kepada AS, Israel menyatakan bahwa ia akan menyingkirkan seluruh “kehadiran sipil dan militer… yang permanen” di Jalur Gaza (yaitu 21 pemukiman Yahudi di sana, dan 4 pemumikan di Tepi Barat), namun akan “mengawasi dan mengawal kantong-kantong eksternal di darat, akan mempertahankan kontrol eksklusif di wilayah udara Gaza, dan akan terus melakukan kegiatan militer di wilayah laut dari Jalur Gaza.” Pemerintah Israel berpendapat bahwa “akibatnya, tidak akan ada dasar untuk mengklaim bahwa Jalur Gaza adalah wilayah pendudukan,” sementara yang lainnya berpendapat bahwa, apabila pemisahan diri itu terjadi, akibat satu-satunya ialah bahwa Israel “akan diizinkan untuk menyelesaikan tembok [artinya, Penghalang Tepi Barat Israel] dan mempertahankan situasi di Tepi Barat seperti adanya sekarang ini.

Dengan rencana pemisahan diri sepihak, pemerintah Israel menyatakan bahwa rencananya adalah mengizinkan bangsa Palestina untuk membangun sebuah tanah air dengan campur tangan Israel yang minimal, sementara menarik Israel dari situasi yang diyakininya terlalu mahal dan secara strategis tidak layak dipertahankan dalam jangka panjang. Banyak orang Israel, termasuk sejumlah besar anggota partai Likud — hingga beberapa minggu sebelum 2005 berakhir merupakan partai Sharon — kuatir bahwa kurangnya kehadiran militer di Jalur Gaza akan mengakibatkan meningkatnya kegiatan penembakan roket ke kota-kota Israel di sekitar Gaza. Secara khusus muncul keprihatinan terhadap kelompok-kelompok militan Palestina seperti Hamas, Jihad Islami atau Front Rakyat Pembebasan Palestina akan muncul dari kevakuman kekuasaan apabila Israel memisahkan diri dari Gaza.

Pelajar Pertukaran Muslim Hadapi Tantangan di Alaska

HOMER, Alaska (Berita SuaraMedia) – Untuk empat siswa pertukaran asing, mengunjungi Homer tahun ini, tiba di Alaska mampu memberikan guncangan kebudayaan yang biasa terjadi – yang cukup jauh dari harapan, tanah dingin yang secara dramatis berbeda dari kampung halaman mereka di daerah tropis. Tipikal siswa pertukaran, mereka berhadapan dengan tantangan biasa untuk beradaptasi dengan iklim, sebuah bahasa baru dan kebiasaan yang berbeda. Mereka juga menghadapi sebuah tantangan yang siswa pertukaran lain kemungkinan tidak pernah hadapi: Mengatasi prasangka buruk tentang keyakinan mereka. Mengunjungi Homer tahun ini adalah: Salma Hamed, siswi 15 tahun dari Kairo, Mesir yang tinggal dengan Susanne dan Roy Wilson; Zumrati Ibrahim, siswi 16 tahun dari Nairobi, Kenya yang tinggal dengan Cathy Knott; Ismail "Izzy" Mohamed, siswa 17 tahun dari Aceh, Indonesia yang tinggal dengan Janet dan Pat McNary.
Mereka semua adalah Muslim, dan semuanya datang dari negara dengan banyak jumlah populasi Muslim.
Di bawah program Studi Pertukaran Pemuda (Youth Exchange Studies – YES) yang dikelola di Alaska oleh AFS-USA, para siswa dari negara-negara dengan jumlah populasi Muslim yang besar menghadiri Sekolah Menengah Atas Homer tahun ini. Program YES dimulai secara nasional pada tahun 2002 oleh Departemen Negara Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan. Para siswa program YES pertama kali datang ke Anchorage tahun lalu, namun tahun ini pertama kalinya para siswa YES berada di Homer. Para siswa program YES lainnya juga mengunjungi Juneau. Untuk menerima para siswa YES, masyarakat sekitar harus setuju untuk mengambil sedikitnya tiga siswa sebagai satu kelompok.
Dalam sebuah iklim politik di mana beberapa warga Amerika menganggap semua Muslim teroris, para siswa program YES Homer sering berhadapan dengan persepsi tersebut.
"Hal besar yang mereka ingin bicarakan di sekolah menengah atas adalah teroris," kata Mohamed. "Apa yang kami lakukan adalah memastikan bahwa mereka mengerti bahwa tidak semua Muslim adalah teroris. Ini hanyalah individu tertentu ."
Tiba pada bulan Agustus, para siswa YES datang selama bulan Ramadhan. Hal tersebut saja menunjukkan sebuah masalah. Pada 11 Agustus, awal dari bulan Ramadhan, matahari terbit sekitar pukul 6 pagi dan terbenam pada pukul 10 malam di Homer – sebuah puasa selama 16 jam.
Dalam berkonsultasi dengan Imam Mohamad Bashir Arafat dari Yayasan Pertukaran dan Kerjasama Peradaban di San Fransisco, yang menasehati program, YES, Muslim Homer diperbolehkan untuk berpuasa dengan jadwal San Fransisco yang lebih masuk akal dari 6:30 pagi sampai 8:00 malam.
"Pada saat itu adalah sebuah tantangan besar, tidak hanya untuk keluarga tuan rumah, namun juga bagi siswa itu sendiri," kata Angie White dari Anchorage, coordinator YES Alaska. "Tidak hanya mereka mengalami kepenatan dari pesawat dan beradaptasi dengan sebuah budaya baru, namun mereka juga berpuasa."
Hamed menjelaskan pentingnya berpuasa.
"Ini merupakan suatu kesenangan bagi kami melakukan hal tersebut untuk Tuhan kami dan agama kami," siswi tersebut mengatakan. "Anda tidak makan dan minum dan Anda tidak merokok. Anda tidak dapat meminum obat-obatan terlarang dan alkohol dan mengunyah permen karet. Juga, berhati-hati dengan kata-kata Anda. Kata-kata mengutuk juga membatalkan puasa."
Ramadhan biasanya dihabiskan di dalam kenyamanan suasana keluarga. Pergi selama bulan Ramadhan akan sama dengan seorang Kristen yang meninggalkan rumah selama Natal, White menjelaskan.
Pekan lalu, para siswa YES/AFS-USA berbicara tentang negara mereka di Sekolah Menengah Homer sebagai bagian dari Pekan Pendidikan Internasional sekolah menengah. Pada makan siang mereka juga berbagi sebuah makanan yang dipesankan oleh Toko Roti Two Sisters. Mohamed telah memilih untuk berpuasa pada hari itu, dan bahkan tidak meminum air.
Makanan telah menjadi sebuah masalah besar untuk kedua siswa dan keluarga. Seperti halnya Yahudi, Muslim tidak makan daging babi. Sementara daging ham dan daging bacon dapat terlihat jelas, makanan lainnya terbuat dari babi tidak terlihat sejelas itu. Para siswa harus belajar tentang hal-hal seperti sosis pada pizza atau hot dog, Whtte mengatakan. Para keluarga harus berhati-hati untuk tidak memasak makanan menggunakan panci yang telah digunakan untuk mempersiapkan makanan daging babi.
Untuk mendukung satu sama lain, para siswa YES Homer melakukan banyak aktivitas berkelompok. Selama masa sekolah mereka membuat presentasi tentang kebudayaan dan negara mereka. Para siswa juga harus melakukan 10 jam kerja layanan komunitas dan merencanakan sebuah acara komunitas, White mengatakan.
"Para siswa belajar untuk berinteraksi satu sama lain," ia mengatakan. "Mereka juga memiliki semacam sistem pendukung. Semacam sebuah lingkungan asing untuk mereka."
Dalam pembicaraan sekolah menengah mereka, para siswa YES memberikan presentasi slide, setiap dari mereka bersatu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Semua datang dari kota-kota besar, dari 20 juta di Kairo sampai 100.000 di Aceh. Mereka semua berbicara hari libur panjang sekolah. Priliandini dan Ibarhim, keduanya belajar di sekolah pondok di kampung halamannya, walaupun Priliandini bisa pulang ke rumah pada akhir pekan, sementara rumah Ibarahim jauh dan pulang satu kali dalam tiga bulan. Kebiasaan beragama mereka beragam. Priliandini mengenakan jilbab, sementara Hamed tidak menutup rambutnya. Mereka semua berbicara terkadang mengenai panas yang ekstrim di negara kampung halaman mereka.
"Pada musim panas, sangat panas," Hamed mengatakan. "Udara di sana begitu panas, Anda harus menggunakan pendingin ruangan."
Hal tersebut menuntun mereka pada reaksi universal mereka tentang Alaska. Ketika ditanya hal apa yang paling aneh yang mereka telah lihat di Alaska, mereka memiliki jawaban yang sama.
"Salju,"  Mohamed mengatakan.
"Salju dan ski," Priliandini mengatakan. "Saya jatuh setiap lima detik."
"Arus mudik dan salju," kata Hamed.
"Salju dan rusa," kata Ibrahim.
Mohamed mencatatkan bahwa Swahili, bahasa yang ia gunakan dalam berbicara di Kenya, tidak memiliki kata untuk "salju".
Ketika Hamed datang ke Alaska pada bulan Agustus, ia terpesona, ia mengatakan.
"Para gadis di sini mengenakan celana pendek. Apa? Oh Tuhan? Celana Pendek?" Hamed mengatakan. "Saya mengenakan celana panjang dan begitu banyak jaket."
Kepala sekolah SMA Homer Alan Gee mengatakan bahwa pengalaman untuk memiliki para siswa YES telah menjadi hal yang bagus untuk sekolah tersebut.
"Kami memiliki sebuah kelompok beragam yang hebat," ia mengatakan. "Saya npikir mereka telah menantang beberapa persepsi dari para siswa kami – dan mungkin para staf juga – dalam menjelaskan tentang agama mereka, kebiasaan mereka."
"Saya pikir begitu banyak dari mereka benar-benar mengalami sebuah pengalaman yang bagus," White mengatakan tentang para siswa YES. "Sebagian besar dari mereka benar-benar terkejut bahwa mereka datang ke Alaska. Sebagian besar dari mereka nampaknya cukup bersemangat tentang hal tersebut."

Takut Dikira Negara Islam, Athena Halangi Berdirinya Masjid

ATHENA, Yunani (Berita SuaraMedia) – Kelompok sayap kanan mengancam untuk menghentikan pembangunan Masjid, sementara Zaha Hadid menyangkal bahwa ia menawarkan untuk mendesainnya. Sebuah tawaran kontroversi untuk membangun sebuah Masjid di Athena telah dianggap baru, lebih banyak proporsi dramatis di tengah-tengah ancaman oleh keompok sayap kanan untuk menghentikan pembangunannya dan sebuah penyangkalan oleh arsitek Anglo-Irak ternama, Zaha Hadid, bahwa ia terlibat dalam mendesain Masjid tersebut.
Ketegangan telah meningkat di satu-satunya ibu kota Uni Eropa di mana banyak Muslim masih terpaksa untuk sholat di ruangan bawah tanah apartemen dan garasi di dalam tidak adanya sebuah tempat peribadatan yang layak.
Dua pekan setelah partai neo-fasis memenangkan kursi pertama yang pernah ada di dewan Athena di dalam pemilihan lokal – menyoroti tumbuhnya perselisihan Yunani atas meningkatnya populasi imigran negara tersebut – oposisi pada proyek lama berpuluh-puluh tahun telah tumbuh.
Hadid yang berbasis di London, yang kreasi ultra-modernnya termasuk Maxxi: Museum of 21st century Art, mengambil langkah yang tidak biasa dalam menyangkal pemberitaan media lokal bahwa ia telah menawarkan untuk mendesain Masjid yang didanai negara tersebut dengan gratis.
"Praktik tersebut belum didekati oleh pihak otoritas di Yunani atau oleh institusi lainnya yang berhubungan dengan sebuah Masjid di Athena," kantornya mengatakan dalam sebuah pernyataan.
"Pemberitaan baru-baru ini merujuk pada keterlibatan arsitek Zaha Hadid dalam proyek tersebut tidak dibayar."
Bantahan tersebut adalah putaran terbaru dalam sebuah cerita yang bertanggal kembali pada tahun 1930-an atas apakah negara yang dominan dengan Kristen Ortodoks seharusnya secara resmi menyediakan tempat untuk para pengikut Islam.
Tidak sejak Ottoman mengevakuasi Athena pada tahun 1832, hampir 400 tahun setelah mereka berjalan berbaris masuk ke dalam kota tersebut, memiliki sebuah Masjid yang beroperasi di dalam batasan-batasannya. Warisan dari aturan telah berarti bahwa di luar provinsi negara Yunani yang didominasi Muslim, Thrace, Nikosia di Siprus adalah satu-satunya kota di dunia Yunani di mana muadzin masih dapat didengar.
Perdebatan atas lokasi dan pendanaan telah menambah ke dalam masalah tersebut. Dalam perjalanannya menuju pertandingan Olimpiade Athena, sebuah tawaran oleh almarhum Raja Fahd Arab Saudi untuk mendanai sebuah Masjid di dekat bandara internasional Athena dengan lantang ditentang oleh gereja Ortodoks Yunani atas dasar bahwa pemandangan menara Masjid dan kubah membuat para pengunjung mengira-ngira mereka telah mendarat di sebuah negara Islam.
Sebuah undang-undang diloloskan pada tahun 2006 oleh pemerintahan konservatif sebelumnya untuk mengawasi pembangunan sebuah tempat peribadatan Muslim di atas sebuah tempat mantan angkatan laut di dekat pusat kota yang didirikan setelah para penduduk lokal menyebabkan sebuah pertarungan kaku.
Sekarang, pertentangan tersebut telah diperparah oleh selat fiskal yang tidak bagus milik negara tersebut. Dengan perampingan pemerintah yang belum ada sebelumnya dan kesederhaan ekonomi, banyak orang Yunani telah menanyakan apakah layak untuk mengalokasikan dana untuk sebuah Masjid.
"Mengapa kita harus menghabiskan waktu untuk membangun sebuah Masjid?" Maria Kontou, seorang pensiunan, dikutip ketika mengatakan pada sebuah harian berbahasa Inggris Athens Plus. "Apakah kita pernah mendapatkan bantuan untuk membangun Gereja Ortodoks Yunani di luar negeri?"
Namun sebagai pintu gerbang menuju imigran ilegal Uni Eropa, populasi Muslim Yunani juga bertumbuh. Hampir setengan juta, komunitas tersebut melangkahkan tekanan pada Sosialis yang berkuasa untuk menyelesaikan perselisihan pada awal bulan ini dengan melaksanakan sesi sholat umum masal di seluruh Athena untuk menandai perayaan Idul Adha.
Ibadah di ruangan terbuka tersebut memicu perselisihan antara kepolisian dan para pemrotes dari nasionais sayap kanan ekstrim partai Chrysi Avgi, yang di satu sisi melempari para jamaah dengan telur, membanjiri mereka dengan selebaran yang menyinggung dan meneriakkan kata-kata cabul.
Berusaha untuk mengurangi ketegangan, pemerintahan George Papanreous telah mengumumkan bahwa pihaknya akan mengundang persaingan internasional untuk mendesain Masjid dalam beberapa bulan ke depan.

Anti "Orang Lain" Meningkat, Muslim Perjuangkan UU Pelecehan

CLIFTON, New Jersey (Berita SuaraMedia) – Siapa yang pantas dilecehkan? Terlupakan dalam siklus kejadian dewasan ini adalah sebuah epidemik yang mencemaskan dari serangkaian pelecahan sekolah yang ditujukan pada siswa Arab-Amerika, Muslim Amerika dan para siswa Asia. Mereka telah selalu harus menderita semacam kekerasan verbal seperti: "Anda teroris", "Orang-orang tidak bisa mendapatkan pekerjaan karenamu", "Anda meledakkan gedung-gedung", "Anda Muslim, seharusnya Anda kembali ke negara asal." Di Amerika dalam masa sesudah 11 September, ini semacam pelecehan antara satu siswa dengan siswa lain, yang melecehkan siswa Arab-Amerika, Muslim Amerika dan pemuda Asia Selatan, mengalami pelecehan di sekolah umum distrik. Sering kali, kekerasan tersebut meningkat dari pemanggilan nama sampai ancaman fisik dan kekerasan, seperti kasus seorang Muslim Arab-Amerika kelas delapan.
Anak muda tersebut melakukan operasi pada awal tahun ini untuk memasukkan pin dan sebuah pelat untuk memperbaiki rahangnya, patah di dua tempat setelah sebuah serangan oleh seorang teman sekolah yang telah mensubjekkannya pada pelecehan ras dan keagamaan.
Dalam contoh lainnya, seorang siswa Muslim Arab-Amerika menjadi subjek kekerasan siswa lawan siswa yang berpuncak dalam sebuah ancaman bom palsu yang dibuat di bawah nama siswa tersebut.
Dan kemudian ada sebuah kasus Kristian, seorang remaja Muslim yang menderita sembilan bulan kekerasan fisik dan emosional, termasuk ditendang kepalanya dan ditinju pangkal pahanya dengan begitu kerasnya kemudian ia melihat adanya darah pada urinnya. Kelas-kelasnya terabaikan, kepribadiannya berubah dan ia menarik diri dari teman-teman dan keluarganya.
Menurut Komite Anti-Diskriminasi Amerika-Arab (Anti-Discrimination Committee – ADC), sebuah organisasi hak-hak sipil nasional dengan cabang lokal di seluruh AS, para siswa Arab-Amerika terus menghadapi masalah besar dengan diskriminasi dan kekerasan di sekolah di seluruh negara tersebut. Pada faktanya, ADC menyatakan bahwa ada diskriminasi yang berjalan terus-menerus lebih tinggi dari pada tahun yang lalu dan bahwa hal ini dengan jelas berhubungan dengan serangan 9/11, "perang terhadap terorisme" dan perang di Afghanistan dan Irak.
Dalam sebuah studi yang diselenggarakan oleh Sesame Workshop, anak-anak Arab-Amerika ditemukan menderita karena banyaknya kerisaun yang "jelas dan segera" dan sebuah "rasa malu" tentang kekerasan di AS.
Menurut sebuah studi di Universitas Negeri Wayne, 43 persen sebuah kelompok remaja Arab-Amerika ditemukan merasa tertekan.
Anak-anak muda Arab-Amerika tidak sendirian. Anak-anak yang dirasa berasal dari Timur Tengah, Asia Selatan dan atau Muslim juga dijadikan target secara tidak pandang bulu. Menurut sebuah laporan hak sipil yang dipublikasikan Dewan Hubungan Amerika-Islam (Council on American-Islamic Relation – CAIR) tahun lalu, di mana ada sebuah peningkatan 31 persen dalam kasus-kasus dalam melaporkan kasus-kasus diskriminasi di sekolah terhadap anak-anak yang dirasa adalah Muslim.
Namun, dalam percakapan kolektif kami tentang pelecehan sekolah, keadaan bingung yang parah  dari anak-anak ini telah sering diremehkan.
Dengan wacana rancangan UU anti-pelecehan di Legislator New Jersey pekan lalu – yang jika ditandangani akan menjadi dapat diperdebatkan sebagai undang-undang anti-pelecehan yang paling berat di negara tersebut – hal ini penting untuk para legislator, adminstrasi sekolah, guru dan orang tua yang masih berpikiran bahwa Arab-Amerika, Musim Amerika dan anak-anak Asia Selatan berada dalam resiko akut untuk kekerasan, intimidasi dan pelecehan (bullying).
Diantara lainnya, usulan legislasi tersebut mengharuskan para guru baru dan para administrator untuk menyelesaikan program pelatihan anti-pelecehan dan semua guru mempelajari tentang pelecehan tersebut sebagai bagian dari program pelatihan pencegahan bunuh diri.
Pelatihan tersebut menyerukan tindakan disipliner terhadap para administrator sekolah yang gagal untuk menginvestigasi sebuah kejadian pelecehan dan termasuk "kekerasan, intimidasi dan mengolok-olok" sebagai jenis-jenis hukuman penjamin kelakuan siswa atau pengeluaran dengan paksa. Pelatihan tersebut juga mengharuskan bagi para pengawas sekolah untuk menyampaikan sebuah laporan dua jail dalam satu tahun pada sebuah pertemuan terbuka dewan sekolah pada semua tindakan kekerasan, vandalisme, pelecehan, intimidasi atau pengolok-olokan yang akan digunakan untuk "membagi dalam tingkatan" sekolah-sekolah oleh komisaris pendidikan negara.
Tindakan ini seharusnya dijadikan undang-undang. Selain itu, pelatihan kecakapan kebudayaan seharusnya ditawarkan kepada para siswa, guru dan administrator sekolah untuk melindungi semua anak-anak yang sedang dalam bahaya.
Pola pemikiran yang mengstigmakan warga Arab-Amerika, Muslim Amerika dan Asia Selatan sebagai "orang lain" adalah bagian dari kefanatikan yang sama yang menyebabkan diskriminasi terhadap warga Afrika-Amerika, Amerika Latin, Yahudi, dan para penyandang cacat.
Engy Abdelkade adalah seorang pengacara dari Clifton, menjabat pada dewan eksekutig Cabang new jersey dari Komite Anti-Diskriminasi warga Amerika-Arab.

I Am Who I Am