Cari Blog Ini

Kamis, 23 Desember 2010

Iran: Negara Islam Yang Mengagumkan

"Kalau punya banyak uang dan kesempatan untuk keliling ke beberapa negara di dunia, kalaian pilih ke mana?". Mungkin kalian pernah mendengar pertanyaan seperti ini. Yaa, walaupun sebagai muslim yang mampu seharusnya kita pergi menunaikan rukun islam yang kelima di tanah suci mekkah, Arab Saudi. Tetapi di luar itu, Kalau saya yang di tanya… salah satunya saya pilih Persia yang sekarang lebih dikenal sebagai Iran. Kenapa…?

Ada beberapa hal yang membuat saya kagum dengan negara yang satu ini. Kalau bicara tentang iran mungkin yang akan muncul pertama kali di benak kalian adalah presidennya yang sangat menginspirasi banyak orang karena pribadi dan kehidupannya yang sederhana, meskipun beliau adalah seorang pemimpin sebuah negara.

Itu baru satu. Ada hal lain yang membuat saya kagum terhadap negeri tempat kelahiran seorang sufi, intelektual, sekaligus penyair ternama Abu Ali al-Hasan ibnu Hani al-Hakami atau yang lebih dikenal denan nama Abu Nawas Ini.

Iran mengalami perkembangan yang cukup pesat setelah revolusi iran atau revolusi islam. Yaitu, revolusi perubahan Iran dari Monarki di bawah kekuasaan Shah Mohammad Reza Pahlavi, menjadi republik islam yang di pimpin oleh Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini. Revolusi ini merupakan gerakan revolusi terbesar ketiga dalam sejarah,"setelah revolusi Perancis dan Revolusi Bolshevik".

Selain memiliki kekuatan militer dan kedudukan geopolitik yang kuat, iran merupakan negra islam termaju dalam bidang sains dan termasuk dalam 31 besar di dunia. Dapat kita lihat dari program nuklir iran yang terus berkembang meskipun terus mendapatkan sanksi dari negara-negara besar khususnya Amerika Serikat yang masih menuduh Iran bukan mengembangkan teknogi nuklirnya untuk PLTN dan perdamaian tetapi untuk menciptakan senjata nuklir seperti bom atom. Padahal Amerika tidak mengambil tindakan yang sama terhadap program nuklir milik Israel.

Tidak ada komentar:

I Am Who I Am